Keseimbangan kehidupan kerja adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap produktivitas kerja. Bekerja secara fleksibel adalah salah satu cara yang akhir-akhir ini dipilih untuk kerja yang lebih produktif. Terlebih, dengan kondisi pekerjaan yang harus dituntaskan di masa pandemi seperti ini, bekerja fleksibel menjadi salah satu cara utama. Lantas, bagaimana cara agar atasan dapat memercayai karyawannya untuk bekerja dengan fleksibel? Bagaimana cara membuat kerja fleksibel berhasil? Berikut adalah beberapa cara yang dirangkum dari beberapa sumber.
Bangun kepercayaan antar kolega
Hal yang paling penting dalam bekerja fleksibel adalah rasa percaya pada satu sama lain. Anda harus percaya pada kolega Anda bahwa mereka dapat mengerjakan porsi mereka. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus terhadap pekerjaan Anda sendiri tanpa harus mengecek satu persatu dari mereka, yang paling penting adalah mindset bahwa mereka cukup bertanggungjawab atas masing-masing pekerjaan mereka dan dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik. Rasa percaya juga akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi lebih baik dengan kolega-kolega Anda.
Baca juga: Mengapa Work From Home Disenangi Pekerja Era Milenial
Keterlibatan dengan kolega
Dalam pekerjaan yang fleksibel, komunikasi adalah kunci. Opini dari Emma Steward, CEO dari Timewise yang merupakan kelompok konsultasi dan pegiat kampanye kerja fleksibel mengemukakan pendapat bahwa konsep fleksibilitas dan pertemuan tanpa-tensi mulai disukai oleh kalangan karyawan. Hal ini terjadi karena kemungkinan untuk berinteraksi dengan rekan kerja menjadi lebih rileks dan mengurangi tekanan.
Menetapkan tujuan/objektif yang jelas
Ketahui objektif apa yang akan Anda capai; target atau pencapaian perusahaan atau masing-masing orang. Dengan mengetahui takaran dan objektif yang jelas, pengerjaan dapat diestimasi dengan baik dan Anda bisa membuat perencanaan yang juga jelas.
Jadwalkan dengan tepat
Mengatur jadwal dengan akurat akan membuat performa semua pekerja terasa dampaknya. Dengan adanya deadline, diharapkan semua pekerjaan dilaksanakan dengan maksimal. Selain itu, adanya jadwal akan membuat seseorang lebih mengoptimalisasi waktu kerja mereka. Tidak hanya waktu untuk bekerja, namun juga waktu untuk mereka sendiri.
Jaga performa
Tidak selalu karyawan yang harus menjaga performa, namun sebagai atasan yang baik, Anda harus tetap mengukur performa mereka. Bekerja fleksibel bukan untuk semua orang, masing-masing memiliki takarannya sendiri. Oleh karena itu, lagi-lagi, komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan orang yang bersangkutan.
Tidak semua tipe pekerjaan atau orang menginginkan konsep kerja yang fleksibel. Untuk itu, komunikasi antar kolega atau karyawan Anda sangat diperlukan guna mengetahui kebutuhan mereka, serta mengetahui lebih dalam tentang tipe-tipe pekerjaan yang ada di perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan kebutuhan perusahaan dengan pendapat masing-masing kepala di dalam usaha Anda, serta mengoptimalisasi tenaga dengan baik.
Virtual office atau kantor virtual memungkinkan Anda dan kolega kerja Anda untuk bekerja fleksibel, namun tidak serta merta menghilangkan komunikasi antar rekan kerja. MESO Virtual Office memudahkan Anda untuk bekerja ideal dengan konsep ini dengan adanya lounge yang dapat digunakan sebagai tempat pertemuan antara kolega kerja dan memudahkan pekerjaan untuk dilakukan di mana saja dan kapan saja Anda mau.
Check www.meso.co.id to find out more about our services, or live chat our agent through our Whatsapp account at +62812-1315-4189.